Jumat, 12 November 2010

Tugas7

TUGAS 7
1.5 konsep pemasaran
Sebuah industri mempraktikkan konsep pemasaran tertentu untuk mencapai objektif pemasarannya. Konsep pemasaran dipilih berdasarkan kepada kesediaan produk dan kemampuan fasilitas pemasaran oleh industri tersebut, serta bersesuaian pula dengan faktor-faktor sekitar pasaran dan pembelian oleh pengguna sasaran. Secara umum, terdapat lima konsep pemasaran, di mana setiap konsep tersebut dibedakan oleh bentuk orientasi dan kegiatan industri dalam melaksanakan aktivitas pemasaran masing-masing, sebagai berikut :
Konsep Fokus Kegiatan
1. Produksi Menekan biaya produksi Harga murah merupakan dasar pertimbangan utama dalam pembelian.

2. Produk Pengembangan produk Penampilan dan kualitas produksi mempengaruhi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian.

3. Penjualan Peningkatan penjualan Usaha-usaha penjualan dan promosi harus lebih aktif mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.

4. Pemasaran (Pelanggan) Kepuasan pelanggan Pembelian dan pembelian ulang akan di lakukan apabila pelanggan (individual) mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan dalam pembelian.
Pemasaran Sosial Kepuasan pelanggan dan kesejahteraan masyarakat Pembelian dan pembelian ulang akan di lakukan apabila pelanggan (individualdan sosial) mendapatkan kepuasaan dan kenyamanan dalam pembelian.

5. Pasar Mengungguli pasar pesaing Perusahaan perlu mempertimbangkan pesaing untuk merebut dan mempertahankan kepuasan pelanggan.



2.Pasar merupakan bagian dari unsur pokok dalam pemasaran yang memiliki pengertian yaitu konsumen atau orang-orang yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud permintaan terhadap barang atau jasa sedangkan Pemasaran adalah kegiatan keseluruhan untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atu jasa, menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikan agar mencapai tujuan perusahaan dan memuaskan konsumen.

3. Berdasarkan konsep inti pemasaran :
a.Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera. Contoh sederhana, makan adalah kebutuhan yang tidak terelakan. Bukan cuma manusia, setiap makhluk hidup butuh yang namanya makan. Makan akan memberikan tenaga dan kesehatan bagi manusia, maka makan makanan yang bergizi adalah kebutuhan kita semua.
b.Keinginan ialah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang. Makanan memiliki fungsi utama sebagai sumber energi untuk tubuh. Sedangkan memberikan rasa enak adalah fungsi tambahan dari makanan. Maka makanan enak adalah keinginan, bukan kebutuhan.
4. Marketing mix adalah empat hal pokok yang akan menjamin keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya sedangkan bagi konsumen merupakan kepuasan terhadap barang atau jasa yang di pilih, yaitu sebagai berikut :
• Produk (Product)
Produk adalah sesuatu yang di tawarkan kepada pasar baik fisik amupun jasa.
• Harga (Price)
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah barang atau jasa yang diperlukan.
• Tempat atau Saluran Distribusi (Place)
Saluaran distribusi adalah perantara pedagang yang melakukan kegiatan menyalurkan produk dari produsen kepada konsumen, mulai dari distributor, pedagang besar sampai pengecer.
• Promosi (Promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan secara aktif atau agresif untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan dan juga berfungsi mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk.


Sumber :
• http://www.perencanakeuangan.com
• www.google.com
• Srie sulastri, atty. 2008. Kewirausahaan.Bandung: Grafindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar