Pengertian jasa adalah sesuatu yang diproduksi
dan dikonsumsi secara simultan. Jadi, jasa tidak pernah ada dan hasilnya dapat
dilihat setelah terjadi. Misal: bila Anda potong rambut, jasa dikonsumsi ketika
diproduksi, tetapi hasil jasa tampak dan akan berakhir beberapa waktu.
Keserentakan produksi dan konsumsi merupakan perbedaan yang penting. Jasa tidak
dapat diproduksi di satu tempat dan dikirim ke tempat lain seperti barang, juga
tidak dapat disimpan. Semua karakteristik ini dapat dihubungkan dengan
keserentakan produksi dan konsumsi.Menurut Norman (1984), jasa terdiri
dari tindakan dan interaksi yang merupakan kontak sosial. Jasa lebih dari
sekadar hasil sesuatu yang tak terhalang, dan jasa merupakan interaksi sosial
antara produsen
dan konsumen.
ASAL MULA DAN ARTI PENTINGNYA JASA
Studi tentang jasa mulai dengan penyamarataan tentang
apa yang harus dipertimbangkan suatu topik yang luas:
1. Semua orang adalah seorang tenaga ahli pada jasa.
2. Jasa adalah idiosyncratic dan bergantung situasi.
3. Kualitas produk bukanlah jasa kualitas.
4. Kebanyakan jasa berisi suatu campuran atribut tak
terukur dan terukur yang mendasari suatu paket jasa.
5. Jasa kontak tinggi adalah yang berpengalaman,
sedangkan barang-barang adalah yang dikonsumsi.
6. Manajemen yang efektif dari jasa membutuhkan pemahaman dari marketing dan personel, seperti halnya operasi.
6. Manajemen yang efektif dari jasa membutuhkan pemahaman dari marketing dan personel, seperti halnya operasi.
7. Jasa sering mengambil bentuk pertemuan antara
pelanggan dan proses pengiriman jasa, termasuk face to face, telepon,
hubungan melalui surat, dan lain-lain.
Analisis:
Jasa merupakan suatu hal yang sederhana namun memiliki arti dan fungsi yang penting untuk semua kegiatan. Baik dalam kegiatan ekonomi ataupun sehari-hari.
Sumber:
www.artikelekonomi.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar