Jumat, 24 Desember 2010

Tips Cara Cepat Membaca Buku Tebal Tanpa Harus Baca Semua Dari Awal


Untuk bisa memahami isi dari sebuah buku yang mungkin butuh waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk membaca keseluruhan isi buku tersebut dibutuhkan tehnik-teknik tertentu serta wawasan dasar yang cukup mengenai topik buku yang akan dibaca. Dengan cara cepat ini kita tidak perlu membeli semua buku yang kita ingin baca, karena kita bisa numpang baca di toko buku yang memperbolehkan pengunjung untuk membaca buku sepuasnya.
Salah satu manfaat dari aplikasi cara cepat ini adalah selain bisa menghemat uang kita, juga untuk mengetahui apakah kita memerlukan buku ini atau tidak. Buku yang layak dibeli adalah buku yang memberitahu kita akan banyak hal yang ingin kita ketahui. Buku yang buruk dan tidak layak dibeli serta dimiliki adalah buku yang tidak memberikan tambahan pengetahuan kepada kita serta cara penyampaiannya juga tidak mudah kita mengerti dengan cepat karena berbagai hal.
Tips Cara Baca Buku Cepat dan Hemat Uang & Waktu (by Organisasi.Org) :
1. Datang Ke Toko Buku Atau Perpustakaan
Jangan mendatangi toko buku yang semua buku yang dijual diberi segel plastik atau metode pengamanan lainnya yang menyulitkan kita untuk membuka buku untuk mengetahui isi buku secara keseluruhan. Datanglah ke pepustakaan yang membolehkan kita untuk menelususi buku-buku yang ada sendiri.
2. Cari Buku Yang Kita Ingin Ketahui Isinya
Sebelum kita mencari buku mungkin kita bisa menanyakan kepada penjual buku, pramuniaga toko buku atau petugas perpustakaan menganai buku-buku yang ingin kita dapatkan. Atau bisa juga dari rekomendasi teman, guru, dosen, keluarga atau dari pendapat orang di internet serta media massa lainnya.
3. Baca Resensi Garis Besar Isi Buku
Baca resensi yang ada di belakang buku, di awal buku maupun kata pengantarnya untuk mengetahui secara garis besar isi buku tanpa kita harus membaca dari awal sampai akhir. Jika ternyata tidak sesuai dengan yang kita harakan silahkan cari buku yang lain.
4. Lihat Daftar Isi
Jika kita telah menemukan buku yang tepat maka langkah selanjutnya adalah menemukan bagian khusus yang kita ingin ketahui. Jangan membaca lagi apa yang sudah kita tahu atau tidak ingin kita ketahui karena hanya membuang waktu dan terkadang bisa membingungkan kita kecuali memang ada hal penting yang belum kita tahu. Lihat daftar isinya kemudian baca bagian yang menarik bagi kita. Langsung baca yang ingin kita ketahui, jika tidak cukup waktu sebentar untuk memahaminya anda bisa datang lain waktu atau membeli buku tersebut.
5. Buka Halaman Perhalaman Secara Cepat
Bisa juga kita membuka-buka dari halaman ke halaman untuk mencari tahu apa saja yang kita ingin ketahui secara cepat jika banyak bagian yang sudah kita pahami. Ketika menemukan bagian yang menarik bacalah dan ketika ada bagian yang kurang menarik lewati saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar