1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya aktivitas-aktivitas ekonomi…..?
I. Unsur aktivitas Kesehatan Lingkungan di sekitar
Di dalam lingkungan memiliki pengertian yang sangat luas dan beragam tergantung konteksnya. Kesehatan lingkungan pada dasarnya merupakan usaha untuk mengelola semua faktor yang ada pada lingkungan yang berkaitan dengan perkembangan fisik dan kesehatan sedemikian rupa sehingga derajat kesehatan dapat ditingkatkan. Secara umum, kesimpulan masyarakat terhadap kesehatan lingkungan adalah kebersihan lingkungan. Lingkungan sehat merupakan suatu perwujudan lingkungan yang memenuhi kaidah-kaidah kesehatan lingkungan dan kesehatan secara keseluruhan.
II. Unsur aktivitas Politik
Suatu kekuasaan yang berada dalam kehidupan untuk menjalani secara bersama. Sehingga kekuasaan itu digunakan untuk mengatur kehidupan bersama biasanya dapat berada pada peraturan perundang-undangan, dapat di lakukan hanya adanya suatu negara yang ada pemerintahanya, pengaruh untuk menjalankan aktivitas ekonomi sangatlah berpengaruh dan itu harus adanya partisipasi masyarakat dalam menghadapi suatu perkembangan politik di masa-masa kini sehingga berperan sebagai penunjang aktivitas ekonomi.
III. Unsur aktivitas Teknologi
Perkembangan teknologi sangatlah berperan dan memiliki peranan yang cukup besar pengaruhnya, yaitu suatu alat penggerak untuk menjalankan kegiatan dalam bidang komunikasi maupun informasi yang berguna sebagai pendorong unsur ekonomi yang seiring berkembangnya alat-alat canggih sehingga persaingan dalam bidang Teknologi dan informasi menjadi suatu kompetisi yang seakan tidak bisa di remahkan lagi.
2. Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial? Jelaskan!
Jawab :
Perusahaan : adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.
Lembaga Sosial : adalah salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
Penjelasannya yang membedakan antara Perusahaan dengan Lembaga Sosial dari sisi badan usahanya untuk Perusahaan hanya untuk kepentingan di dalam sektor Perusahaannya itu sendiri, sedangkan Lembaga Sosial untuk kepentingan bersama sehingga dapat melakukan usahanya dengan menciptakan keteraturan dalam kegiatan-kegiatan anggaota masyarakat.

3.apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan?
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya. Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya: ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, transportasi, kedekatan pasar, kesesuaian iklim.
4.tunjukan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha?jelaskan dengan contoh.
-Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen yang terdiri atas penyedia, pelanggan, pesaing, lembaga perbankan, dan bukan bank dam lain sebagainya.
-Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung, seperti kondisi perekonomian, perubahan teknologi, dan politik, sosial.